a few bits about Translation…

monabaker
Check this out on Amazon

Saya baru saja membaca buku Mona Baker berjudul “In Other Words: A Coursebook on Translation (2011)”.  Kebetulan buku ini saya jadikan sebagai primary textbook untuk mata kuliah Translation I yang saya ajarkan kepada mahasiswa semester 5 program studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Muhammadiyah Kendari.  Setelah membaca beberapa bab terutama di bab mengenai penerjemahan secara gramatikal, saya menemukan beberapa fakta, salah satunya adalah bahwa konstruksi gramatikal antara Bahasa Inggris dan bahasa Indonesia sungguh sangat berbeda.  Contohnya adalah kata “I” yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi “saya” dan “aku”.

Pronoun system dalam bahasa Inggris kenyataannya bersifat gramatikal (I go / He goes), sementara dalam bahasa Indonesia pronoun systemnya bersifat leksikal.

I = saya (ada sense of familiarity) // aku (ada sense of non-familiarity)

Jadi penerjemahan kata “I” tergantung pada konteks yang diterjemahkan, apakah ada nuansa kedekatan atau jauh.

This condition may have contributed to the difficulties faced by Indonesian people to construct a well-translated sentence.

Contoh lain:

Behind                  ~ behind the cloud = DI BALIK awan

                                ~ behind the cupboard = DI BELAKANG lemari

~ She is the next heiress behind her elder sister = dia adalah pewaris selanjutnya        SETELAH kakak perempuannya

Saya tertarik mengamati dunia penerjemahan di Indonesia.  Awal ketertarikan saya adalah ketika pertama kali membaca novel Harry Potter.  Saya terkagum-kagum dengan hasil penerjemahan yang dilakukan oleh Ibu Listiani Srisanti (almh) pada waktu itu, yang menurut saya adalah bukan sesuatu hal yang mudah.  Bahasa Inggris-Amerika yang sudah familiar kita ketahui sangat jauh berbeda secara leksikal dan gramatikal bila dibandingkan dengan bahasa Inggris-Inggris.  Dari situlah rasa penasaran saya menjadi berkembang, sampai kemudian saya menceburkan diri ke dunia penerjemahan dan ingin lebih memahami lagi mengenai dunia penerjemahan di Indonesia.

Salah satu permasalahan mengenai penerjemahan di Indonesia yang menarik perhatian saya adalah proses “ofisialisasi” kata bahasa Inggris menjadi bahasa Indonesia.  Seperti yang kita pahami sebelumnya adalah ada perbedaan yang cukup mencolok dari leksikal dan gramatikal, dimana gramatikal adalah suatu system yang tertutup (close system), sementara leksikal merupakan system yang terbuka (open system).  Dengan sikap natural leksikal tersebut memungkinkan berkembangnya kata atau istilah dari masa ke masa. Salah satu yang mendapat dampak ekspansi kosakata adalah teknologi.  Teknologi sudah menjadi bagian dari kehidupan umat manusia. 

Alih-alih dengan hanya meminjam istilah asing tersebut menjadi bahasa Indonesia, para linguist di Indonesia memandang perlunya istilah-istilah tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. 

Nah, sekarang permasalahannya adalah…

  1. Untuk di Indonesia sendiri, siapakah orang-orang (atau lembaga) yang berwenang menentukan proses penerjemahan tersebut? Siapakah orang-orang tersebut? Perorangan atau lembaga?
  2. Apakah ada semacam consensus atau kesepakatan dari para pihak yang bertanggung jawab untuk menentukan arti dari istilah tersebut?
  3. Apakah ada semacam cara atau sistematika dalam menerjemahkan istilah asing tersebut? Kalau ada, bagaimana caranya?

Contoh :

online ∼ daring

Kata “online” merupakan gabungan dua kata “on” dan “line” membentuk compound noun “online”.  Sementara ketika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia merupakan sebuah akronim “dalam” dan “jaringan”.  Kenapa terjadi proses penerjemahan seperti ini? Atas dasar apa mereka menentukan terjemahan seperti ini? Apa ada campur tangan dari pakar teknologi informasi?

Okay, more to follow… (to be continued)

Advertisements

Author: nurrizkyalfianysuaib

I'm struggling with critical thinking deficit.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s